Representasi Kebangkitan Millenial Munggu: Fun Walk For Your Health Karang Taruna Yowana Dharma Wijaya 2018

  • 21 November 2018
  • Dibaca: 458 Pengunjung
Representasi Kebangkitan Millenial Munggu: Fun Walk For Your Health Karang Taruna Yowana Dharma Wijaya 2018

Generasi Millennial merupakan generasi muda yang terlahir antara tahun 1980an sampai 2000. Generasi Millennial terlahir dimana dunia modern dan teknologi canggih diperkenalkan publik (contoh: gawai/smartphone) Millennial datang usia dalam waktu dimana industri hiburan mulai terpengaruh oleh internet dan perangkat mobil. selain Milenium yang paling etnis dan ras yang beragam dibandingkan dengan generasi yang lebih tua dari mereka, mereka juga pada kecepatan yang paling berpendidikan. Hingga 2008, 39.6% dari Millennials antara usia 18 dan 24 yang terdaftar di perguruan tinggi, yang merupakan rekaman Amerika. Bersama dengan menjadi terdidik, generasi muda juga sangat optimis.

Karang Taruna Yowana Dharma Wijaya tahun 2018 sebagian besar diisi oleh generasi yang terlahir antara tahun 1980an sampai 2000. Dapat dikatagorikan kelompok ini diisi oleh generasi millenial. Setelah sekian waktu mengalami vakum, Organisasi yang berada di bawah naungan Pemerintah Desa Munggu mulai menjukkan kiprahnya.

Fun Walk For Your Health Karang Taruna Yowana Dharma Wijaya, yang diadakan pada tanggal 18 november 2018 di Kawasan Wisata Pantai Munggu, merupakan “monumen” kebangkitan generasi millenial munggu. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 06.00 pagi  sampai jam 1 siang ini berlangsung semarak dengan berbagai kegiatan yang dikemas dengan nuansa jiwa-jiwa muda, kreatif, dan inovatif yang menjadi khas generasi millenial.

Jalan sehat merupakan salah satu kegiatan utama dari Fun Walk For Your Health, kegiatan ini mengambil rute dari Pantai Munggu  hingga Bajra Siddhi menuju ke timur menyusuri indahnya persawahan yang membentang di Seputaran Kawasan Pantai Munggu hingga tembus di By Pass Munggu Tanah Lot. Setelah sampai di perempatan Pohon Beringin, yang terkenal dengan nama Perempatan Sate Babi Munggu, rute langsung mengarah kembali ke Pantai Munggu. Jalan Sehat Massal ini diikuti oleh ribuan komponen masyarakat munggu maupun undangan. Kegiatan yang menghabiskan waktu hampir 2 jam. Selain bertujuan untuk mengingatkan masyarakat untuk selalu olahraga agar tetap sehat, kegiatan ini juga bertujuan menjukkan potensi-potensi yang selama ini masih terpendam, khususnya keindahan persawahan pantai munggu yang membentang luas.

Karang Lansia se-Desa Munggu yang berjumlah mencapai 1.200 juga menyemarakkan kegiatan ini. Setelah rombongan jalan sehat berangkat, Karang lansia mulai mengambil ancang-ancang untuk melaksankanan Senam Lansia dan Yoga Ketawa Massal yang didampingi oleh Kader Posyandu Desa Munggu dan Tim Penggerak PKK Desa Munggu. Kegiatan ini berlangsung semarak, pada saat senam lansia maasal kekompakan gerak dan barisan dari lansia sangat kompak dan rapi, ini Nampak dari gambar yang diambil oleh Sahabat Drone Bali yang mendukung dokumentasi udara kegiatan ini.

Gelak tawa mulai bertebaran ketika Yoga Ketawa dimulai, karang lansia sangat menikmati kegiatan ini. Mereka dibuat tertawa secara sistematis dan bermanfaat untuk kesehatan oleh instruktur yoga ketawa. Selain lansia, Yoga Ketawa ini juga diikuti oleh undangan maupun peserta yang lain, mulai dari Jero Bendesa Adat Munggu hingga beberapa Kelian Banjar Dinas juga antusias mengikuti kegiatan ini.

Seluruh peserta kegiatan ini mendapatkan snack dan nasi jingo dari panitia. Selain itu peserta juga dimanjakan dengan stand kuliner yang berderet di sepanjang areal acara. Mulai dari aneka jajanan, makanan, minuman, hingga minuman kesehatan tradisional khas Indonesia jamu juga tersedia disini.

Komunitas anak-anak muda hobby drone yang tergabung dalam Komunitas Sahabat Drone Bali, kehadiran komunitas yang anggotanya berasal dari seluruh Bali, bahkan beberapa anggotanya ada yang datang jauh-jauh dari Singaraja Bali untuk mendukung kegiatan ini. Komunitas yang berdiri pada 10 februari 2017, yang anggotanya hingga saat ini mencapai 79 orang mengabadikan berbagai moment yang dari dari berbagai sudut di udara. Selain mengabadikan moment kehadiran komunitas ini juga menjadi tontonan yang menarik bagi seluruh peserta, dengan melihat kepiawaian semua anggota komunitas ini dalam mengendalikan dan memainkan lensa terbang.

Komunitas lain, yang juga turut mendukung kegiatan Fun Walk For Your Health ini adalah Trash Hero, ini merupakan yayasan yang berdiri di Ceko tahun 2013. Salah satu kegiatan Trash Hero adalah mengumpulkan sampah-sampah di area umum agar area umum tetap bersih dari sampah. Sampah-sampah yang dikumpulkan tersebut dapat dikirim ke tempat pengelola sampah (TPS) akhir atau di recycle, tergantung kebijakan masing-masing tempat. Trash Hero masuk pertama kali  ke Indonesia tahun 2015 di Gili Meno, kemudian menyebar ke Tanjung, Lombok Utara, Bali, Ambon, Flores dan beberapa daerah Indonesia lainnya.

Berkaitan dengan tema kegiatan “Jalan untuk Kesehatanmu”, selain menggelar kegiatan mengolah jasmani dan rohani. Dalam kegiatan Millenial Munggu ini juga diadakan cek kesehatan gratis. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini terhadap penyakit yang diderita oleh masyarakat. Sekitar 80 orang turut serta dalam cek kesehatan ini.

Kesuksesan berbagai mata kegiatan yang kreatif yang digelar dalam kegiatan Fun Walk For Your Health menggugurkan stereotype generasi muda yang dipandang belum berpengalaman, belum matang dalam berfikir dan belum stabil secara emosi, karenanya secara umum generasi tua sering tidak begitu memperhitungkan generasi muda karena dianggap pola pikirnya cenderung idealis, tidak realistis dan sering mengambil keputusan dengan berdasarkan emosi perasaan belaka. Namun dalam suatu kehidupan "idealisme" merupakan hal penting yang dapat membuat manusia tetap mempunyai semangat dan harapan untuk tetap hidup dan berjuang demi kehidupan yang lebih baik.

Bahasa yang sedang viral yang menggambarkan kehidupan yang terbaru yaitu "zaman now",  Bahwa Peran generasi muda sangatlah diharapkan untuk menjadi agent of change (agent perubahan-red). Artinya peran generasi muda saat ini yang lebih akrab dikenal sebagai generasi Y (milllenial) dalam pembangunan suatu bangsa sangat penting.

Kreativitas baik berupa tindakan maupun pemikiran-pemikiran yang kreatif dan inovatif yang ada pada generasi millenial diyakini akan mampu mendorong terjadinya transformasi dunia ini ke arah yang lebih baik melalui efektifitas, perbaikan dan pengembangan. Oleh itu, generasi millenial dianggap sebagai calon pemimpin baru yang akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

Setelah sekian waktu vakum, sudah saatnya generasi millenial Munggu yang melalui  Karang Taruna Yowa Dharma Wijaya menjadikan Fun Walk For You Heart ini momentum untuk bangkit, bersikap dan bertindak sebagai agent of change dan harus mampu memutus rantai kevakuman organisasi dan bergerak membantu roda dinamika perjalanan pembangunan Desa Munggu ke Depan kearah yang lebih baik.

Hal senada juga diharapkan oleh I Nyoman Suhartana, S.STP.,MM, yang kehadirannya sebagai Sekcam Mengwi mewakili Camat Mengwi, sekaligus merupakan Pj. Perbekel Desa Munggu, beliau berharap kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang pertama dilaksanakan oleh Karang Taruna Yowana Dharma Wijaya, besar harapannya kegiatan ini menjadi media pembelajaran bagi karang taruna karena berbagai aktifitas dapat dikembangkan lagi oleh karang taruna. Semoga ke depan karang taruna dapat meningkatkan kegiatannya ke tahap yang lebih besar lagi.(001 KIM MGU)

 

Referensi

 

  1. Anderson, Kurt (5 August 2009). "Pop Culture in the Age of Obama"The New York Times. NPR.Diakses tanggal 19 November 2018 (https://www.nytimes.com/2009/08/09/books/review/Andersen-t.html)
  2. The Sound of a Generation". NPR. 5 June 2008. Diakses tanggal 19 November 2018 (https://www.npr.org/sections/allsongs/2008/06/05/91204851/the-sound-of-a-generation)
  3. Gundersen, Edna (30 December 2009). "The decade in music: Sales slide, pirates, digital rise"USA Today. Diakses tanggal 19 November 2018 (https://usatoday30.usatoday.com/tech/news/2009-12-29-musicdecade29_CV_N.htm)
  4. AksaraTani; Trash Hero Clean Up Gili Meno (2017). http://berajahaksara.org. Diakses tanggal 19 November 2018
  • 21 November 2018
  • Dibaca: 458 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita