Tingatkan Ekonomi Masyarakat, Pemdes Munggu Gelar Pelatihan Dupa

  • 12 Desember 2018
  • Dibaca: 350 Pengunjung
Tingatkan Ekonomi Masyarakat, Pemdes Munggu Gelar Pelatihan Dupa

Jumat, 07 Desember 2018, Pemerintah Desa Munggu, melalui bidang kesejahteraan masyarakat melaksanakan pelatihan pembuatan dupa kepada masyarakat Desa Munggu. Pelatihan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 05 Desember 2018 – 19 Desember 2018. Pelatihan pembuatan dupa ini dibuka oleh Bapak PJ Perbekel Desa Munggu yang diwakili oleh Bapak Sekretaris Desa Munggu. Pelatihan pembuatan dupa ini diikuti oleh 26 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing banjar yang ada di Desa Munggu. Pelatihan pembuatan dupa Desa Munggu tahun 2018 menghadirkan dua orang narasumber antara lain I Gede Pasek Mangku yang merupakan salah satu dosen di Universitas Warmadewa dan I Gusti Ayu Widari yang merupakan dosen STIKOM Bali.

Pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ada di Desa Munggu, khususnya dalam berwirausaha pembuatan dupa, karena seperti yang diketahui bahwa dupa merupakan salah satu peranan penting dalam masyarakat khususnya Agama Hindu. Dupa sangat berperan penting dalam melengkapi kegiatan upacara Agama Hindu. Selain itu tujuan dari diadakannya pelatihan pembuatan dupa di Desa Munggu, agar masyarakat Desa Munggu mengetahui tata cara pembuatan dupa yang baik dan benar sehingga mampu memberikan nilai jual yang tinggi.

Bapak Gede Pasek selaku narasumber mengatakan “Pelatihan pembuatan dupa ini akan dilaksanakan dengan tata cara yaitu dua kali memberikan teori setelah itu praktek. Dengan memberikan teori terlebih dahulu, diharapkan nantinya akan memberikan informasi mengenai pembuatan dupa mulai dari tata pencelupan dan lain sebagainya. Setelah mendapatkan teori peserta akan diajak langsung praktek kurang lebih 4 – 5 hari guna mempelajari tekhnik pembuatan dupa yang baik dan benar.”

I Made Ngarta, SH selaku Sekretaris Desa Munggu disela sela sambutannya berharap “Pelatihan pembuatan dupa ini tidak hanya sampai disini, namun setelah pelatihan ini, peserta pelatihan dapat mengembangkan dan merealisasikan ilmu pengetahuan tentang pembuatan dupa dalam kehidupan sehari – hari. Beliau juga mengatakan , selain kegiatan pelatihan pembuatan dupa ini, pemerintah Desa Munggu merencanakan di tahun 2019 nanti akan mengadakan pelatihan kewirausahaan agar bersinergi dengan pelatihan pembuatan dupa di tahun 2018 ini.” (006 KIM MGU)

  • 12 Desember 2018
  • Dibaca: 350 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita